RUAAR BIASA MERIAH DAN BERMAKNA HARLAH SEKAR PERHUTANI KE-4

MAHONI ( MALANG, 31/01/ 2009) . SERIKAT KARYAWAN PERHUTANI didirikan pada tanggal 11 Januari 2005 berkedudukan di Jakarta dan disahkan oleh Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kota Jakarta Pusat No. 342/I/N/II/2005 tanggal 25 Pebruari 2005. SERIKAT KARYAWAN PERHUTANI ini merupakan peleburan dari SEKARJATI (Unit II Jawa Timur), SERUMPUN SATU (Unit I Jawa Tengah), dan SEKAR JANTEN (Unit III Jawa Barat dan Banten). Sehingga pada 11 Januari 2009 ini, SEKAR PERHUTANI telah memasuki usianya yang ke-4.

Berangkat dari keinginan untuk semakin memperkuat organisasi dan kaderisasi, menyusun resolusi organisasi dan mempersiapkan diri untuk berkiprah karya tahun 2009 serta melakukan refleksi atas semua upaya yang telah dan sedang dilakukan SEKAR PERHUTANI untuk kepentingan karyawan dan perusahaan pada kurun waktu 4 tahun yang telah berlalu, maka kami Dewan Pengurus Pusat (DPP) SEKAR PERHUTANI, menyelenggarakan acara Peringatan Hari Jadi SERIKAT KARYAWAN PERHUTANI KE-4 bertempat di Hotel Aero Wiasata-Pujon Batu Jawa Timur.Acara Harlah ke-4 SEKAR ini antara lain bertujuan untuk

  1. Melakukan Refleksi dan Evaluasi Diri atas eksistensi dan kontribusi SEKAR PERHUTANI kepada perusahaan dan karyawan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir (2005 – 2009) dan menyusun resolusi organisasi untuk tahun 2009 dan rencana revitalisasi organisasi dalam bentuk program-program dan target-target kerja nyata peran serta SEKAR PERHUTANI bagi perusahaan di tahun karya 2009 (Jangka Pendek).
  2. Melakukan penguatan organisasi dan kader melalui pembentukan Team Building Character dan pemberian ceramah motivasi pengembangan diri, organisasi dan tambahan pembekalan informasi terkini profesi kehutanan baik yang bersifat keilmuan atau akademis dan praktis, melalui bedah kasus perkembangan secara umum sektor kehutanan di Indonesia maupun di dunia.
  3. Membangun Humanity, Social and Eviroment Responsibility (Kepekaan Kemanusiaan, sosial dan lingkungan) yang diwujudkan dalam bentuk bakti kemanusiaan, bakti sosial dan lingkungan.

Dengan nuansa hawa pegunungan yang sejuk bertempat di Hotel Aero Wisata Pujon Malang pada tanggal 30 sampai dengan 31 Januari 2009 Serikat Karyawan Perum Perhutani (SEKAR PERHUTANI) memperingati harlah yang ke- 4 yang sebenarnya jatuh pada tanggal 11 Januari 2009.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran BOD yang diwakili Direktur Pemasaran (Ir. Fachrozi), Direktur Keuangan (Steve Kosasih), Ketua Dewan Pengawas Perum Perhutani (Dr. Muslimin Nasution), Kepala Biro Produksi Perum Perhutani Unit II Jatim, Kepala Biro SDM dan Umum Unit II Jatim, Kepala Biro Insar Perum Perhutani Unit II Jatim, Kepala Biro Produksi Non Kayu Kantor Pusat, Perwakilan Administratur Dalam Wilayah Unit II Jatim Ketua DPP Sekar Perhutani (Ir. Adrian Bestari) beserta jajaran pengurusnya, Para Senior Sekar Perhutani, Perwakilan Pengurus Sekar Perhutani DPW Kantor pusat beserta jajarannya, Perwakilan Pengurus Sekar Perhutani DPW Janten beserta jajarannya, Perwakilan Pengurus Sekar DPW Jateng beserta jajarannya, Pengurus DPW Jatim serta perwakilan DPD dalam wilayah DPW Jatim.

Acara kegiatan harlah Sekar Perhutani yang Ke- 4 dimulai pada tanggal 30 Januari 2009, sebelum pembukaan kegiatan tersebut semua peserta yang hadir dicairkan suasananya oleh tim Outbond Tectona dari Pusdik SDM Perum Perhutani yang dikomando Sdr. Suyitno, S.Pd, MM dengan yel-yel “ Sekar Bersatu…. Yes.. Yes..”. Selanjutnya acara dibuka oleh Ketua Umum DPP Sekar Perhutani (Ir. Adrian Bestari), dimana dalam sambutannya beliaunya menyampaikan bahwa sekar harus tetap jaya guna mewujudkan kesejahteraan karyawan dan mempertahankan eksistensi perusahaan. Para pengurus Sekar Perhutani baik di level DPD, DPW, DPP harus tetap militan dan semangat sebagaimana para senior yang telah mendirikan organisasi ini imbuhnya”.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan social seperti donor darah, aksi peduli sekidang dengan menghimbau kepada segenap peserta yang hadir untuk ikut menyisihkan sedikit rizkinya untuk disumbangkan kepada KRPH Sekidang KPH Bojonegoro yang sedang dalam kesusahan, dimana petugas tersebut dalam mengemban tugas untuk mengamankan hutan dari aksi illegal loging mempertaruhkan hidupnya dan keluarganya yang berdampak petugas tersebut harus menjalani hukuman penjara dari pihak terkait. Dalam kesempatan tersebut DPP Sekar Perhutani juga meminta kepada manajemen untuk berupaya agar petugas tersebut segera dibebaskan. Dari kegiatan aksi peduli sekidang terkumpul dana sebesar Rp. 3.028.000,- yang rencananya dalam waktu dekat akan disampaikan kepada keluarga yang bersangkutan. Sedangkan dalam kegiatan Donor darah, panitia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kodya Malang dan berhasil menyumbangkan darah bagi sesamanya yang membutuhkan sebanyak 49 Kantong darah dari berbagai golongan darah.

Pasca kegiatan social, selanjutnya peserta diajak untuk menghangatkan suasana dengan Gema seni rimbawan (GESER), dimana dalam kegiatan ini peserta dapat berekspresi melalui bermain music, bernyanyi dan karya seni lainnya. Ditengah berjalannya acara tersebut ada kegiatan refleksi sekar setelah empat tahun berdiri, dimana dalam acara tersebut para senior sekar yang terdiri dari Marinus Ezermen, Yahya Amin, Sangudi Muhamad, Isnin soiban, Heru noiwid, serta senior lain memaparkan bagaimana sejarah berdirinya Serikat Karyawan Perhutani (SEKAR PERHUTANI) yang penuh dengan tekanan, intimidasi dan ancaman dari pihak-pihak yang tidak menghendaki adanya Serikat Karyawan. Setelah empat tahun berdiri banyak “pe er” yang harus diselesaikan oleh anggota sekar untuk dapat mewujudkan kesejahteraan karyawan dan menyampaikan aspirasi karyawan kepada manajemen untuk membuat suasana kerja yang nyaman dan produktif.

Dalam nuansa dinginnya malam di daerah pujon malang, peserta diberi waktu untuk menyampaikan aspirasi, kritik, saran dan “uneg-uneg” untuk sharing dengan segenap peserta dalam kegiatan “Mimbar Bebas”. Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Direktur Pemasaran (Ir. Achmad Fahrodji).

Dalam mimbar bebas tersebut ada beberapa aspirasi yang disampaikan kepada manajemen diantaranya agar segera diisinya jabatan-jabatan startegis dalam struktur organisasi perusahaan yang dalam ± 1 tahun terakhir ini kosong, karena dengan kekosongan jabatan-jabatan strategis tersebut secara langsung akan berimbas terhadap kelancaran pekerjaan.

Acara berlanjut pada keesokan harinya, yaitu pada tanggal 31 Januari 2009 diawali dengan aksi peduli lingkungan yaitu kegiatan reboisasi disekitar lokasi hotel aero wisata pujon dengan penanaman bibit tanaman kehutanan.

Pasca kegiatan aksi peduli lingkungan tersebut, dilanjutkan dengan kegiatan symposium dengan nara sumber dari berbagai praktisi kehutanan dan guru besar bidang kehutanan pada UGM Yogyakarta yaitu : Prof. Dr. Ir. Hasanu Simon dengan Judul “Profesi Kehutanan Kedepan”.

Setelah mendapat penyegaran bidang kehutanan dari Prof. Dr. Ir. Hasanu simon, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh ketua umum DPP Sekar Perhutani (Ir. Adrian Bestari) sebagai simbolis peringatan hari lahir Serikat Karyawan Perhutani, potongan tumpeng pertama disampaikan kepada Prof. Dr. Ir. Hasanu Simon, selanjutnya kepada Ketua Dewan Pengawas Perum Perhutani (Dr. Muslimin Nasution), Perwakilan manajemen yang diwakili oleh Direktur Keuangan, dan yang terakhir kepada anggota Sekar DPD KBM IKG Gresik (Sdr. Saman Rusdi sebagai perwakilan anggota Sekar yang mempunyai jiwa militan walaupun umur sudah uzdhur)

Setelah acara pemotongan tumpeng, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Perwakilan Manajemen yang disampaikan oleh Direktur Pemasaran, dilanjutkan penyampaian sambutan Plt Direktur Utama yang disampikan via SMS oleh Direktur keuangan dan Umum dengan pokok-pokok sambutan sebagaimana berikut :

Pesan PLT Dirut Perhutani untuk SEKAR :

  1. SEKAR adalah mitra Perusahaan, Visi dan Misi sekar harus sejalan dengan Visi dan Misi Perusahaan.
  2. SEKAR agar mengawal Anggota SEKAR untuk menjadi Profesional, mulai belajar dari organisasi sendiri bagaimana bisa menerima keragaman.
  3. Kesejahteraan Karyawan tentu menjadi Visi Utama SEKAR , namun tetap dalam koridor kesehatan dan Kelestarian Perusahaan, ini yang harus diperhatikan, Buktinya kita bisa Efesiensi dan dapat untung.
  4. Jika Perusahaan bangkrut maka SEKARpun akan lenyap, jadi tolong diperhatikan kesehatan Perusahaan itu Nomor 1.
  5. SEKAR agar mencari terobosan terobosan untuk disampaikan ke pihak managemet khususnya untuk kinerja karyawan. SEKAR agar melaksanakan Take and gate, bukan hanya Take saja ( jadi jangan hanya menuntut saja ).

Dengan memanfaatkan momen harlah tersebut Ketua Dewan Pengawas Perum Perhutani (Dr. Muslimin Nasution) meminta masukan, kritik dan saran untuk kemajuan perusahaan dari peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, pokok-pokok saran, kritik dan masukan dari peserta harlah Sekar Perhutani adalah sebagai berikut :

  1. Mempertanyakan tentang adanya kekosongan jabatan Direktur Utama Perum Perhutani.
  2. Mempertanyakan jabatan-jabatan setingkat Kepala Biro dan level-level tertentu yang sampai saat ini masih kosong
  3. Mempertanyakan adanya rumor yang beredar bahwa Dewas terlalu ikut campurtangan dalam kebijakan teknis.

Mendapat beberapa pertanyaan tersebut Ketua Dewan Pengawas memberikan penjelasan sebagaimana berikut

  1. Kekosongan Direktur Utama Perum Perhutani seharusnya tidak menjadi kendala dalam menjalankan roda organisasi Perum Perhutani, karena plt. Direktur Utama sudah diberi kewenangan sama dengan Direktur Utama.
  2. Kekosongan jabatan level Kepala Biro dan Level-level lain akan segera terisi paling lambat akhir Pebruari 2009, dan hal tersebut Ketua Dewan Pengawas sudah memerintahkan kepada jajaran BOD untuk melakukan assesment kepada calon-calon pemimpin yang akan dipromosikan untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong tersebut.

Dan pada saat itu jajaran manajemen yang diwakili Dirsar dan Dirkeu menyampaikan dalam minggu pertama atau minggu kedua bulan pebruari 2009 jajaran BOD akan melakukan assasment kepada Kepala Biro yang ada dalam Perum Perhutani.

Setelah puas mendapat pencerahan dan penjelasan dari Ketua Dewan Pengawas dan Jajaran BOD yang diwakili Dirsar dan Dirkeu, kegiatan dilanjutkan dengan paparan makalah dari Senior Sekar yang saat ini menjabat Administratur KPH Banyuwangi Barat Perum Perhutani Unit II Jawa Timur (Ir. Yahya Amin, MP) yang menyampaikan materi dengan judul “Teknik Monitoring dan Evaluasi ” yang transparan, objektif dan terukur. Dimana dalam teknik monitoring dan evaluasi kinerja seorang pejabat dengan mengedankan pola motivasi dan pendekatan emosional dengan prinsip otak mengejar kenikmatan menjauhi kesengsaraan dan sukses seseorang itu bukan suatu kebetulan melainkan meninggalkan jejak.

Acara berlanjut dengan pembagian secara simbolis kartu anggota sekar kepada perwakilan dari masing-masing DPW yang langsung dibagikan oleh ketua DPP Sekar Perhutani dan acara diakhiri dengan pembacaan do’a semoga kegiatan Harlah Sekar Perhutani yang Ke-4 memberikan arti tersendiri dan motivasi kepada segenap anggota untuk tetap militant guna mewujudkan kesejahteraan karyawan dan eksistensi perusahaan….Amin…Amin…Amin. Semoga Sekar Tetap Jaya…. Cayoo… (Kabid Infokom Sekar DPW Jatim)

Iklan

1 Komentar

  1. 27 Januari 2010 pada 8:48 am

    […] kita akan peringatan Hari Jadi Sekar ke-4, silakan klik posting pada mahoni edisi Ultah Sekar disini.  Berbagai acara diadakan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa dan pengorbanan para pendiri […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: