KOMPONEN UPAH DAN LEMBUR

Demo seringkali muncul karena dipicu oleh tuntutan peningkatan kesejahteraan akibat rendahnya upah.

Demo seringkali muncul karena dipicu oleh tuntutan peningkatan kesejahteraan akibat rendahnya upah.

Ada kabar bahwa UMP (Upah Minimum Provinsi) Jawa Barat akan ditetapkan sebesar Rp 1,044 juta. UMP dipergunakan sebagai dasar untuk menetapkan upah, yaitu batas minimum yang harus dibayarkan oleh pemberi kerja. Tapi, bagaimana sebetulnya menyusun upah pekerja? Komponen apa saja yang dijadikan dasar perhitungan? Bagaimana dengan lembur?

Berikut informasi tentang penyusunan upah kerja. Komponen upah disusun oleh masing-masing perusahaan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan perusahaan, undang-undang tidak mengatur hat ini. Yang diatur oleh undang-undang adalah, upah sebulan tidak boleh kurang dari UMP.

TENTANG LEMBUR

Menurut keputusan Menakertrans no. 102/MENNI/2004 mengenai waktu kerja lembur dan upah lembur, pasal l 0 sebagai berikut:

  1. Dalam hal upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap maka dasar perhitungan upah lembur adalah 100% (seratus perseratus) dari upah.
  2. Dalam hal upah terdiri dari upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap, apabila upah pokok tambah tunjangan tetap lebih kecil dari 75% keseluruhan upah, maka dasar perhitungan upah lembur 75% dari keseluruhan upah.

CATATAN

Tunjangan tetap = tunjangan yang setiap bulan diberikan secara rutin dan tetap jumlahnya seperti : tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dll.

Tunjangan tidak tetap = tunjangan yang jumlahnya tidak tetap, misal berdasarkan kehadiran, prestasi, seperti tunjangan makan, tunjangan transpor, insentif, tunjangan operasional, dll

Isnin Soiban

Sekretaris DPP Sekar Perhutani

1 Komentar

  1. sukancil said,

    25 November 2010 pada 9:31 am

    Ahhhhhhh…….. Omong kosong demonstran !
    semuanya dimobilisasi oleh pejabat yang berambisi naik jabatan, coba saja kalau satu-satu ditanya oleh pak dirut, pasti ngompol……………….
    Wahai demonstran, jangan mau disuruh demo, biaya yang dipake demo itu seharusnya untuk babad jalur, pos F, atau mungkin mark up anggaran para pejabat asper ke atas !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: