SAATNYA MELAKUKAN PERUBAHAN [Sambutan Ketua Umum DPP Sekar Perhutani pada Pencanangan Hari Cinta Pohon di Jawa Timur]

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Direksi dan jajaran manajemen Perum Perhutani, pimpinan Unit II, segenap Pengurus Sekar Perhutani (DPP, DPW, DPD, dan DPC) yang saya cintai. Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan untuk melaksanakan sebuah aktivitas mulia yang digagas teman-teman Sekar di Jatim ini, yaitu Hari Cinta Pohon (HCP).

Pada hari ini segenap anggota Sekar patut berbangga karena kita sudah tidak lagi berwacana dan sekedar omdo (omong doang) tapi kita sudah saatnya bertindak nyata memerikan contoh kepada segenap karyawan Perhutani melakukan hal positif bagi perusahaan yang kita cintai ini.  Saya sangat bangga kepada teman-teman Sekar yang meskipun hanya mampu melakukan hal-hal kecil tapi sudah berpikir ke depan untuk mewujudkan Perhutani yang besar, sehingga masa kejayaan yang pemah dialami oleh senior-senior kita terdahulu dapat kita rasakan pula kelak.

Bahkan, jika mungkin tentunya harus lebih baik dari yang pernah ada. Untuk dapat mewujudkan impian tersebut dibutuhkan kesungguhan dan keyakinan bahwa kita mampu mencapainya.  Di samping itu juga dibutuhkan kerjasama dan sinergitas dari seluruh komponen Perhutani.  Apakah kita tidak ingin maju seperti teman-teman kita di SP Bun PN3 (Serikat Pekerja Perkebunan PTPN 3) atau Sekar Telkom, dan lain-lain ? Mari kita lihat kesejahteraan yang mereka terima saat ini, tentunya sudah jauh lebih baik dibanding kita di Perhutani.

Pertanyaannya adalah bagaimana perusahaan mereka mampu meningkatkan kesejahteraan karyawannya? Ternyata mereka bersinergi seluruh komponen untuk meraih itu semua. Mereka melakukan sesuatu yang besar secara bersama-sama. apa itu?? Hal itu adalah PERUBAHAN. Mereka sangat menyadari bahwa perusahaannya dalam keadaan bahaya jika tidak melakukan sesuatu.

Bagaimana mungkin kita yakin bahwa perusahaan kita mampu menaikkan gaji karyawan kalau potensi SDH yang kita kelola ini semakin hari semakin menurun? Sementara harga jual produk kita pun tidak bisa di adjust (ditingkatkan) karena sangat tergantung pasar dan broker? Belum lagi produknya dari hari ke hari dan tahun ke tahun itu-itu saja, tidak ada inovasi dan diversifikasi. Mana mungkin dengan sistem manajemen seperti itu keuntungan perusahaan akan meningkat???

Lalu kalau sudah begitu kapan kita akan dobrak itu??? Tidak bisa ditunda-tunda lagi, Teman! ltu harns kita lakukan sekarang. Maka kita akan mendesak manajemen di level mana saja untuk mulai melakukan perubahan itu guna menyelamatkan perusahaan tempat kita berikhtiar mencari nafkah untuk menghidupi keluarga kita ini. Kita sudah harus memulai untuk berpikir tidak linier lagi, kita harns mampu membuat terobosan-terobosan atau lompatan-lompatan besar yang mampu menghasikan manfaat yang besar pula.

Sudah tidak saatnya kita untuk berebut jabatan lagi, sudah tidak saatnya kita sibuk lobi sana-sini untuk dapat posisi yang basah dan nyaman. Kita semua harus rela bersusah-susah untuk meraih kesuksesan dan kejayaan perusahaan yang kita cita-citakan. Mari kita ubah cara pandang sehingga jika melihat ancaman di situ kita juga melihatnya sebagai peluang, dan jika kita melihat kelemahan maka disitu kita melihatnya pula sebagai kekuatan.

Akhimya, saya mengucapkan selamat Hari Cinta Pohon dan selamat berkarya kepada teman-teman Sekar tetaplah tunjukkan bahwa anggota Sekar memang orang-orang yang berkualitas dan bermanfaat. Saya mohon maaf tidak dapat hadir di tengah teman-teman meskipun saya sangat ingin sekali ikut hadir, namun dalam rangka melakukan hal-hal kecil untuk mengubah dan meraih kejayaan perusahaan tadi maka saya harus menjalankan tugas yang dibebankan kepada saya pada hari ini. Salam hangat saya dan Pak Sekjen untuk semua keluarga besar Sekar Perhutani di Jatim. Selamat dan sukses.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Salam Sekar, AB & BT

Iklan

1 Komentar

  1. mahonionline said,

    16 Februari 2009 pada 1:43 am

    Sesuatu yang besar, selalu dimulai dari yang kecil. Dan sekecil apapun kontribuasi Sekar Jati untuk PHT melalui HCP, setidaknya telah menunjukkan jati diri bahwa Sekar peduli terhadap eksistensi PHT dan turut membangun citra positif PHT di khalayak masyarakat luas. SATU BIBIT SEJUKKAN BUMI.

    Selamat atas HCP Sekar Jati.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: