MERAJUT KOMITMEN DENGAN SEMANGAT IDUL FITRI DAN PANGGILAN “BERKURBAN”

Dari lubuk hati paling dalam kami mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H, Minal Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin”, kendati bulan Syawal telah kita lewati. Semoga pembaca senantiasa dalam kefitrian dan diberikan kesehatan yang prima setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan merayakan Idul Fitri.

Setelah melakukan “ritual” mudik dan bertemu dengan orang tua, sanak saudara dan handai taulan, sepatutnya kita semakin merenung dan melakukan refleksi diri terhadap komitmen sebagai makhluk individu dan sosial. Tugas manusia sebagai hamba Tuhan untuk keberlangsungan hidup, senantiasa melanggengkan keselarasan dan keseimbangan sebagai makhluk Tuhan dan makhluk sosial. Interaksi sesama manusia/karyawan (human relation) harus diletakkan dalam kerangka semata-mata untuk beribadah.

Sepatutnya kita bersyukur karena diberikan peringatan oleh “sesepuh” melalui nilai kearifan budaya Jawa “rukun agawe santoso” (kerukunan membuat kita sentosa) dan “Crah agawe bubrah” (perselisihan membuat rusak). Kita harns mantapkan tekad dan motivasi mencapai keluhuran budi menuju saiyeg saeka kapti (seia sekata dalam satu tujuan) untuk kepentingan bersama, tujuan bersama. Melalui perenungan diri pasca merayakan Idul Fitri dan hari raya kurban, kita harus semakin fokus dan bekerja keras agar sukses menembus batas kemajemukan dan keangkuhan sebagai insan hamba Tuhan. Sebagaimana bersumber pada enam sifat dasar manusia dalam berinteraksi sosial: ada pamrih (sasaran) dalam bertindak, senang diperhatikan, senang dihargai, tak senang didikte dan dipaksa, tak senang dibantah serta ada umpan balik dan tak senang disalahkan.

Mahoni edisi kali ini menampilkan topik dan ulasan “Merajut Komitmen yang (Nyaris) Terkoyak”. Topik ini sengaja dipilih sebagai salah satu bukti “pertanggungjawaban” Sekar Perhutani untuk tetap menjaga soliditas, memberikan “supermotivasi”, membina kebersamaan dan kekompakan karyawan menuju kejayaan Perhutani tercinta.

Untuk melengkapi informasi dan lebih memahami kebijakan Direksi dan pengawas perusahaan dalam mengelola fluktuasi dan dinamika komitmen karyawan dan pimpinan, pada edisi ini kami hadirkan liputan hasil audiensi pengurus Sekar dengan BOD dan Dewas Perhutani. Semoga melalui hasil audiensi itu kita menjadi lebih memahami pendapat dan kebijakan pengurus dan pengawas perusahaan, kita semakin yakin dan percaya diri niscaya mampu merajut dan merengkuh kembali komitmen yang (nyaris) terkoyak. Seia sekata, sejalan sehaluan menuju kejayaan Perhutani tercinta (tempat berkarya, mengabdi, dan mencari natkah), sebagaimana inti sari Komitmen Madiun yang telah kita sepakati bersama.

Untuk mendapatkan gambaran dampak krisis keuangan global terhadap perjalanan bisnis Perhutani, kami sajikan rubrik TANAMAN (TAnya dan keNAlan dengan MANajemen) yang berisi hasil wawancara dengan Direktur Industri dan Pemasaran. Tentu saja hasilnya diharapkan bisa memberikan penjelasan yang bermakna bagi keberlangsungan usaha Perhutani dan antisipasi serta penyikapan terhadap segala upaya untuk menjaga “garis perjuangan” meningkatkan kesejahteraan kayawan dan keluarga agar tetap berjalan sesuai dengan situasi dan kondisi perekonomian global dengan segala dampaknya.

Akhimya, dengan semangat Idul Fitri dan panggilan “berkurban”, kami ucapkan selamat menikmati sajian informasi kami. Semoga MAHONI semakin mampu menjaga soliditas serta kondisi dan semangat para pembaca menjadi lebih fresh, bisa memberikan “supermotivasi” untuk mewujudkan karya terbaik bagi perusahaan. Satukan jiwa dan nurani dalam kefitrian, dan dengan panggilan “berkurban” kita menjadi lebih dekat dan cinta dengan menjaga eksistensi Perhutani dan peningkatan kesejahteraan karyawan. Berani menembus batas­batas kemajemukan dan keangkuhan pribadi serta merubah perputaran ego dari “ego centripetal” menjadi “ego centrifugal” guna mencapai silaturahmi dan kebersamaan yang hakiki menuju kejayaan Perhutani. Selamat membaca!

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: